divider

News

separator

Tingkatkan Budaya dan Lingkungan Kerja yang Positif, BCA Kembali Raih Gallup Great Workplace Award


Jakarta, 21 Juli 2017 - Sumber daya manusia yang berkualitas dan terlatih merupakan aspek penting bagi BCA dalam mempertahankan keunggulan kompetitif dan dalam mendukung strategi bisnis. BCA senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui beragam program pengembangan yang efektif serta perekrutan staf berkualitas. Atas komitmen tersebut, BCA kembali terpilih menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang mendapatkan penghargaan Gallup Great Workplace Award.

Penghargaan diserahkan oleh Head of Consulting Gallup, South-East Asia Taek Lee kepada Wakil Presiden Direktur BCA Armand Hartono di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta (21/7). Turut hadir dalam seremoni penyerahan penghargaan Direktur BCA Lianawaty Suwono dan Kepala Divisi Human Capital Management BCA Hendra Tanumihardja.

“Kenyamanan, keamanan, dan keandalan adalah prioritas utama BCA saat memberikan layanan finansial bagi seluruh nasabah BCA. Kami bertekad untuk terus menjadi pemimpin di industri perbankan nasional yang berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. BCA menyadari bahwa prioritas dan seluruh strategi bisnis ini mengandalkan dukungan karyawan-karyawan yang berkualitas. Untuk itu, BCA akan terus berupaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia melalui coaching, pelatihan, dan pembelajaran,” ujar Armand.

Secara berkesinambungan BCA menyediakan program pelatihan dan pengembangan secara berkala, menanamkan budaya kerja berbasis kinerja (performance-based work culture), serta secara aktif memberikan kesempatan pengembangan karir bagi 25.073 karyawan di tahun 2016. Program-program pengembangan tersebut diimbangi dengan upaya BCA dalam membangun work-life balance untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas karyawan. Gallup Great Workplace Award yang diterima BCA hari ini merupakan apresiasi atas komitmen BCA tersebut.

Gallup Great Workplace Award merupakan penghargaan yang diprakarsai oleh perusahaan konsultasi strategis Gallup. Penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan yang berhasil membangun lingkungan kerja yang positif dan produktif, sehingga membantu perusahaan mencapai performance yang terbaik. Hal ini jugalah yang sekaligus menjadi pembeda antara Gallup Great Workplace Award dengan penghargaan yang lainnya, yaitu penghargaan ini melihat hubungan antara engagement dengan pencapaian bisnis perusahaan/organisasi.

“Gallup Great Workplace Award mengapresiasi komitmen perusahaan dalam membangun tempat kerja yang memberikan energi dan antusiasme kepada karyawan untuk bekerja setiap harinya. Kami menyadari engagement yang tinggi tidak hanya menghasilkan hasil bisnis yang lebih kuat, namun juga meningkatkan kesejahteraan setiap karyawan dan keluarganya. Kesejahteraan karyawan inilah yang menjadi kontribusi esensial perusahaan” ujar Taek Lee, Head of Consulting Gallup, South-East Asia.

Dari perusahaan-perusahaan di seluruh dunia yang memenuhi kriteria, hanya sekitar 8% perusahaan yang dianugerahi Gallup Great Workplace Award. Tahun ini, The Gallup Great Workplace Award diikuti oleh berbagai perusahaan yang berasal lebih dari 30 industri di mana sebagian besar di antaranya berasal dari industri perbankan dan asuransi. Di tahun 2017 sendiri hanya 37 perusahaan yang memperoleh predikat ini. Secara global, level engagement di antara para pemenang award adalah 70% dan ratio perbandingan antara karyawan yang engaged dengan yang actively disengaged adalah 14 : 1.

Untuk dapat meraih penghargaan ini, perusahaan-perusahaan mengikuti Employee Engagement Survey dengan karyawan minimal 50 karyawan dengan response rate 80%. Perusahaan-perusahaan yang mendapatkan nilai rata-rata minimal 4.4 dari 5, berhak untuk masuk dalam nominasi penghargaan ini.

Sejak dimulai pada tahun 2007, BCA menjadi perusahaan asli Indonesia pertama yang meraih GGWA di tahun 2015 dan mempertahankan prestasi tersebut di tahun 2017. BCA berhasil mendapatkan response rate sebesar 97% dalam Team Engagement Survey yang lebih tinggi daripada minimum response rate sebesar 80%. BCA juga berhasil mendapatkan skor Team Engagement Survey sebesar 4.66, yang juga lebih tinggi daripada syarat minimum, yaitu 4.4. Selain itu, berbagai program Team Engagement yang dilakukan perusahaan turut mendorong kinerja bisnis yang juga menjadi salah satu indikator kemenangan BCA.

Berbagai upaya dilakukan BCA untuk menjaga lingkungan kerja yang positif. BCA akan terus menyempurnakan program-program pengembangan sumber daya manusia sejalan dengan perkembangan lingkungan usaha dan kebutuhan BCA. BCA akan memantau secara cermat kebutuhan sumber daya manusia serta melanjutkan upaya perekrutan dan pengembangan untuk mempersiapkan generasi pemimpin masa depan sebagai bagian perencanaan suksesi secara efektif. BCA juga secara konsisten mengembangkan dan memperkenalkan employee value proposition yang merupakan nilai-nilai BCA yang mengedepankan prinsip continuous improvement dan friendly environment.

“Investasi di bidang teknologi dan infrastruktur memastikan BCA mampu menyediakan layanan yang andal melalui berbagi jaringan multi-channel sekaligus meningkatkan efisiensi di berbagai aspek usaha. Investasi sumber daya manusia terutama dalam program pengembangan dan pelatihan profesional, mendorong para staf bekerja dengan efektif serta memungkinkan BCA menyediakan layanan nasabah dengan kualitas terbaik” tutup Armand.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk 

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Maret 2017, BCA melayani hampir 16 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.213 kantor cabang, 17.207 ATM dan lebih dari 400.000 mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.

separator

separator