Index

divider

News

separator

SGM Eksplor Dukung Potensi Si Kecil Jadi Anak Generasi Maju Melalui Pemenuhan Nutrisi & Edukasi


Jakarta, 18 April 2018 – Setiap orang tua pasti mengharapkan masa depan yang terbaik bagi anaknya. Untuk itu, orang tua akan selalu berjuang dengan berbagai cara untuk memastikan anaknya dapat memperoleh kesempatan untuk kesuksesan serta kehidupan yang lebih baik dimasa depannya. Setiap anak adalah individu yang unik dan memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang. Salah satu langkah penting yang patut dilakukan oleh orang tua adalah memahami tahapan serta aspek-aspek potensi anak sehingga dapat mendukung si kecil menjadi generasi maju.

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, menjelaskan  “Sejalan dengan visi SGM Ekplor, kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat meraih cita-citanya. Selama lebih dari 60 tahun SGM Eksplor telah mendukung orang tua Indonesia dengan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil untuk mendukungnya memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri.”

Hal diatas juga disetujui Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., “Untuk mendorong anak memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju, orang tua harus menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain agar ia dapat memiliki tumbuh kembang yang optimal, yaitu dari aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa & sosial. Orang tua diharapkan dapat secara bertahap dan terus menerus menstimulasi kelima aspek tumbuh kembang ini yang dapat mendukung si kecil menjadi anak generasi maju. Hal ini diperlukan karena lima potensi anak generasi maju tidak tumbuh instan, namun perlu dikembangkan sejak dini.”

Selain memberikan dukungan berupa nutrisi, SGM Eksplor juga memberikan edukasi nutrisi bagi orang tua untuk membantu memastikan asupan nutrisi yang baik bagi si kecil. Di tahun 2018 ini SGM Eksplor memperluas lagi dukungannya dengan juga memberikan bantuan dari sisi pendidikan yang merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan generasi maju Indonesia.

“Sebagai wujud nyata terhadap komitmen SGM Eksplor di bidang pendidikan, di tahun 2018 ini, SGM Eksplor akan mengajak orang tua untuk merayakan dan mendukung bakat atau potensi prestasi yang ada di setiap anak Indonesia melalui kegiatan Sahabat Generasi Maju. Untuk berpartisipasi Ibu dapat mengunggah cerita potensi prestasi si kecil melalui Facebook Aku Anak SGM dari 19 April – 10 Juni 2018.” Jelas Astrid lebih lanjut.

Perayaan potensi prestasi si kecil ini akan dilakukan di 3 kota yaitu Yogyakarta, Surabaya & Jakarta, dan akan diadakan grand final dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional di Jakarta pada bulan Juli mendatang. Dalam grand final ini akan terpilih 25 pemenang yang akan mendapatkan dana beasiswa pendidikan dengan nilai total satu milyar rupiah.

Dalan rangkaian kampanye Anak Generasi Maju, SGM Eksplor juga bekerja sama dengan PAUD sebagai institusi pendidikan usia dini. “PAUD memiliki peranan penting bagi perkembangan anak juga akan memperoleh perhatian khusus dari SGM Eksplor untuk mendukung pendidikan generasi maju. Kami akan bekerjasama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi dan dana pendidikan” tegas Astrid.

Saat ini terdapat 84 juta anak di Indonesia yang mewakili sepertiga populasi Indonesia[1],sehingga kualitas tumbuh kembang mereka perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak karena mereka adalah calon generasi penerus bangsa. “Salah satu kunci kemajuan Indonesia mendatang tergantung pada bagaimana kualitas anak-anak saat ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat disertai dukungan dari berbagai pihak, termasuk pihak swasta dan masyarakat, untuk dapat turut andil dalam mendukung terwujudnya generasi yang tumbuh tinggi dan kuat, cerdas kreatif, supel, mandiri serta percaya diri, sehingga menjadi generasi maju untuk Indonesia maju di masa mendatang,” jelas  Pemerhati pendidikan usia dini, Dr. Capri Anjaya, SPd. M.Hum.

Faktor lingkungan juga berperan penting dalam masa tumbuh kembang anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa separuh potensi kecerdasan seseorang dikembangkan pada usia empat tahun[2] dan intervensi anak usia dini dapat memiliki efek jangka panjang pada kapasitas intelektual, kepribadian, dan perilaku sosial.[3] Oleh karena itu, masa lima tahun pertama kehidupannya merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan masa ini berlangsung sangat pendek serta tidak dapat diulang lagi.

Zee Zee Shahab, seorang selebriti dengan 1 orang anak menyambut positif adanya kampanye Anak Generasi Maju ini. Melalui kampanye ini, para orang tua tentunya merasa mendapat dukungan dari SGM Eksplor dalam menumbuhkan 5 Potensi Anak Generasi Maju. “Sebagai orang tua dan ibu, saya akan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi anak saya. Saya ingin agar anak saya mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depannya. Rangkaian Kampanye Anak Generasi Maju membantu saya sebagai orang tua lebih mengenal potensi yang dimiliki anak saya sehingga bisa menjadi anak generasi maju yang yang tumbuh tinggi dan kuat, cerdas kreatif, supel, mandiri serta percaya diri. Dan saya tidak sabar menantikan penampilan Anak Generasi Maju dalam Festival Sahabat Generasi Maju,” ujar Zee Zee.

Astrid melanjutkan, “Dukungan yang selama ini telah diberikan oleh SGM Eksplor dalam hal edukasi nutrisi akan terus dilakukan dalam skala yang lebih besar, dapat dilihat melalui kegiatan Mini Mobi & aktivasi digital.” Di tahun 2018, aktivitas Mini Mobi akan berkeliling ke 8.000 area di Indonesia dan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan edukatif. Edukasi nutrisi juga dilakukan melalui media digital di Facebook Aku Anak SGM, bertujuan menjangkau lebih banyak lagi orang tua di Indonesia. Dalam halaman Facebook Aku Anak SGM terdapat berbagai kiat tumbuh kembang anak, live chat dengan para ahli seperti dokter anak dan psikolog anak, selain itu orang tua dapat bertanya secara langsung dari ahlinya sehingga dapat mendukung Ibu untuk mewujudkan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri.

Sebagai Anak Generasi Maju yang memiliki aktivitas yang bervariasi di luar rumah, pemenuhan bekal nutrisi si kecil harus tetap diperhatikan oleh sebab itu kini SGM juga meluncurkan minuman susu UHT SGM Aktif dengan formula Complinutri, yang mengandung Omega 3, Omega 6, Vitamin, dan Mineral diadaptasi dari kebaikan susu bubuk SGM Eksplor. Minuman susu UHT SGM Aktif formula Complinutri hadir dalam kemasan kotak dengan ukuran 110ml yang praktis dengan dua varian rasa lezat yaitu coklat dan strawberi, dan saat ini sudah bisa didapatkan di berbagai mini market, hypermarket dan supermarket serta gerai terdekat. Semua rangkaian produk bernutrisi SGM Eksplor hadir untuk mendukung orang tua agar bisa mendorong anak memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju.

[1] UNICEF Indonesia.  2017. SDG Baseline Report on Children in Indonesia

[2] Benjamin S. Bloom. 1964. Stability and Change in Human Characteristics. New York: John Wiley & Sons.

[3] UNICEF. Early childhood development: The key to a full and productive life. 2014:1–18. Available at: https://www.unicef.org/dprk/ecd.pdf

Tentang Sarihusada

PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil & menyusui dan anak dengan rasa enak, terjangkau serta berstandar internasional seperti SGM Eksplor, SGM Eksplor Buah & Sayur, SGM Aktif, SGM Bunda dan Lactamil. Sarihusada merupakan bagian dari Danone Nutricia Early Life Nutrition. Danone adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia.

Di Indonesia, bisnis Danone terdiri atas tiga kategori utama, yaitu Air Minum dalam Kemasan dan Minuman Non Karbonasi, Nutrisi untuk  Awal Kehidupan (Early Life Nutrition) dan Nutrisi Medis. Di Indonesia, Danone memiliki 24 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang.

separator

separator