Index

divider

News

separator

Rangkaian Kegiatan HUT BCA ke-58: BCA Lanjutkan Tanam Mangrove di Muara Kali Opak Yogyakarta


Yogyakarta, 15 April 2015 Sebagai ungkapan syukur atas pertambahan usia yang ke-58, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melakukan berbagai rangkaian kegiatan sosial. Melalui program Bakti BCA, pada tanggal 15 April, BCA bersama organisasi lingkungan World Wide Funds for Nature (WWF) Indonesia melaksanakan penanaman bibit mangrove di kawasan hutan mangrove Baros yang terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hadir dalam acara tersebut Kepala BCA Kantor Wilayah II Ratna Yanti, Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati, Manager Marketing WWF Indonesia Susilowati Lestari, dan Kelompok Masyarakat Keluarga Pemuda Pemudi Baros.

Ratna mengatakan, “Pada hari ini kami melakukan penanaman bibit mangrove di kawasan hutan mangrove Baros, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur atas 58 tahun usia BCA. Kegiatan yang kami lakukan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari penanaman pohon yang telah kami laksanakan di Ekowisata Mangrove di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Kegiatan ini diharapkan mampu membantu merehabilitasi kawasan Mangrove di kawasan ini.”

Kawasan hutan mangrove Baros yang terletak di Kabupaten Bantul berada di laguna dan muara Kali Opak. Adapun luas area yang potensial untuk direstorasi adalah 70 hektar. Dalam pelaksanaannya, BCA dan WWF Indonesia akan bekerja sama dengan kelompok masyarakat Keluarga Pemuda Pemudi Baros, yang selama ini telah melaksanakan inisiatif restorasi mangrove di muara Kali Opak. Dalam penanamannya nanti, BCA, WWF Indonesia dan kelompok masyarakat akan membuatkan alat pemecah ombak (APO) yang berfungsi untuk menyaring sampah sehingga tidak akan menutupi bibit mangrove yang baru ditanam. Hal ini dikarenakan adanya deburan ombak yang kuat karena lokasi penanaman berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia dan sampah yang hanyut dari daerah hulu ke muara kali Opak.

“Dalam jangka panjang upaya ini akan berdampak pada perbaikan ekologi, pencegahan terhadap abrasi, pencegahan intrusi air laut, penyediaan habitat satwa, dan daya dukung perikanan yang berkelanjutan. Program ini secara sosial juga menggugah para pihak untuk berperan serta dalam perbaikan lingkungan. Tidak terbatas pada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan sebagai penerima manfaat dari  program ini, tetapi juga pihak-pihak yang memiliki komitmen yang kuat untuk perbaikan lingkungan, baik perorangan, kelompok masyarakat, pemerintah, maupun sektor swasta/korporasi, seperti BCA.” ujar Susilowati.

Penanaman pohon mangrove ini merupakan bagian dari program NEWtrees yang dicanangkan oleh WWF. Program ini berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem prioritas di tingkat bentang alam. Program NEWtrees juga sejalan dengan upaya yang sedang dilakukan oleh pemerintah dalam mengintegrasikan pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan. Program NEWtrees turut mendukung dan berkontribusi mewujudkan komitmen pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26% pada tahun 2020 melalui perbanyakan penanaman pohon dan reforestasi.

Rangkaian kegiatan penanaman Mangrove telah dimulai oleh BCA dengan penanaman yang dilaksanakan di kawasan Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk Jakarta, Blanakan Subang, dan Tanggamus Lampung. Selanjutnya, BCA akan melaksanakan penanaman Mangrove di sejumlah tempat, seperti Lamujung (Aceh Besar), Muara Gembong (Jawa Barat), Teluk Lamong (Surabaya), Wringin Putih (Banyuwangi), Sumberkima (Bali), dan Bengkayang (Kalimantan Barat). Total bibit pohon Mangrove yang ditanam mencapai 18.000 bibit.

Selain penanaman Mangrove di 9 wilayah, BCA juga melaksanakan berbagai program CSR sebagai bagian dri ungkapan rasa syukur HUT ke-58, seperti melaksanakan pemeriksaan mata gratis dan donasi kacamata kepada siswa sekolah binaan di Serang, Yogyakarta dan Lampung, peresmian dan pengobatan gratis di Klinik Bakti Medika dan Duri Utara, pengobatan gratis kepada 3 desa binaan di Yogyakarta, operasi katarak bagi masyarakat tidak mampu di RS Medika Lestari, Ciledug dan edukasi lingkungan “BCA Green Stage” bersama WWF Indonesia dan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF). “Kami ingin memanfaatkan momentum HUT ke-58 untuk berbagi kepada sesama. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat dan membantu menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat dan sejahtera,” tutup Ratna.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk 

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir tahun 2014, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 13 juta rekening nasabah melalui 1.111 cabang, 16.694 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

separator

separator