Index

divider

News

separator

MERCK_LOGO_RGBK

PERDOSSI, Merck dan IAI Bergerak Bersama #LawanNeuropati


Bogor, 29 April 2018 – Hari ini lebih dari 5000 orang bergerak bersama melawan neuropati di pelataran Museum PETA Bogor dengan mengikuti fun walk, pemeriksaan kesehatan saraf secara gratis di 25 lokasi Neuropathy Check Point (layanan pemeriksaan kesehatan saraf) yang tersedia di area acara, serta olahraga untuk kesehatan saraf (Neuromove). Acara dihadiri oleh Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kota Bogor, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Ikatan Dokter Indonesia dan berbagai komunitas masyarakat. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kampanye edukasi pencegahan neuropati  dengan tema Bergerak Bersama #LawanNeuropati yang kembali diinisiasi oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Seluruh Indonesia (PERDOSSI) dan Merck, perusahaan sains dan teknologi terkemuka.

Kegiatan Bergerak Bersama #LawanNeuropati tahun ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan. Ini menunjukkan kesinambungan komitmen untuk pencegahan neuropati. Kali ini kegiatan Bergerak Bersama #LawanNeuropati dilakukan di kota Bogor bertepatan dengan acara puncak Pertemuan Ilmiah Nasional (PIN) PERDOSSI 2018 yang mengajak seluruh pihak, baik dari lingkungan medis, komunitas, instansi pemerintah, media dan masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan neuropati. Acara PIN PERDOSSI 2018 terdiri dari  seminar edukasi bagi dokter spesialis saraf se-Indonesia dengan tema “Neurological Disease in The Human Life” dan acara puncak Bergerak Bersama #LawanNeuropati yang diikuti oleh para dokter spesialis saraf, anggota PERDOSSI, apoteker, anggota IDI, para bidan, para suster dan pasien neuropati serta  berbagai komunitas kesehatan yang ada di Bogor dan daerah sekitarnya. Kebersamaan ini menunjukan sistem yang bergerak bersama dan selaras dalam menggaungkan upaya pencegahan neuropati.

Ketua Umum PP PERDOSSI, Prof. Dr. dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S(K), M.S, mengatakanNeuropati merupakan kondisi gangguan dan kerusakan saraf tepi yang dapat disebabkan oleh trauma pada saraf, efek samping dari suatu penyakit sistemik, atau karena kekurangan vitamin B1, B6 dan B12. Neuropati dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin neurotropik, melakukan senam kesehatan saraf Neuromove secara rutin, istirahat cukup, dan cek kesehatan saraf sejak dini. Tema Bergerak Bersama #LawanNeuropati menjadi penting karena menunjukkan sinergi dan ajakan bagi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai neuropati. Kami dari PERDOSSI mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Kota Bogor, Dinas Kesehatan Kota Bogor, Merck, serta IAI yang secara konsisten mendukung upaya pencegahan neuropati. Kami merespon dan mendukung kebijakan pemerintah yang fokus pada upaya preventif dan promotif sehingga tidak hanya melakukan kegiatan kuratif tapi juga langsung terjun mengedukasi dan menggerakkan masyarakat dan komunitas untuk melakukan pencegahan neuropati.”

Asijikin Iman Hidayat Dachlan, MHA, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, mengatakan, “Saat ini, Neuropati mulai diderita oleh mereka di usia yang lebih muda. Padahal Neuropati bisa dicegah, dengan cara menerapkan gaya hidup sehat untuk cegah penyakit dan lakukan deteksi dini. Melalui acara edukatif ini, Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk secara aktif menerapkan gaya hidup sehat dan jalankan pesan CERDIK. CERDIK itu adalah Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, Kelola stress dengan baik. Sejak tahun 2016, Pemerintah juga telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Ajak seluruh keluarga untuk melakukan aktifitas fisik selama 30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur serta periksa kesehatan secara rutin. Sebarkan kebiasaan baik ini kepada teman, tetangga dan lingkungan sekitar Anda.”

Catleya Febrinella, S.Si., MM., Apt – Ketua PD IAI Jabar, mengatakan “IAI bangga dapat menjadi bagian dalam acara kampanye Bergerak Bersama #LawanNeuropati dan mengapresiasi komitmen PERDOSSI dan Merck yang secara konsisten memberikan edukasi kesehatan saraf tepi kepada masyarakat. Tahun ini, IAI mendukung PERDOSSI dan Merck untuk sama-sama dilibatkan dalam mengkampanyekan kegiatan Bergerak Bersama #Lawan Neuropati yang melibatkan 1000 apoteker di Jawa Barat untuk turut berperan serta dalam memberikan edukasi kesehatan saraf tepi bagi masyarakat sepanjang acara berlangsung sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat Jawa Barat, terutama Kota Bogor dan sekitarnya. Sebuah kolaborasi yang berjalan harmonis pada kesempatan ini kami harapkan akan lahir program-program bersama yang lebih inovatif demi mewujudkan bangsa yang sehat dan berkualitas.

Ir. Usmar Hariman, Plt Walikota Bogor, mengatakan,  “Fenomena yang terjadi di masyarakat sekarang adalah meningkatnya kejadian Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti neuropati yang disebabkan gaya hidup tidak sehat. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi dari pemerintah untuk penanganan masalah kesehatan dan masalah lainnya. Kota Bogor mendukung warganya menjadi lebih sehat melalui olahraga. Saat ini, warga Bogor dapat memanfaatkan CFD dan Kebun Raya sebagai tempat untuk berolah raga. Selain itu, Pemerintah Kota Bogor telah menyediakan “Mobil Curhat” sebagai tempat untuk warga Bogor yang ingin berkonsultasi mengenai berbagai masalah, salah satunya masalah kesehatan. “Mobil Curhat” telah berkeliling di Kota Bogor sejak tahun 2014 dengan memberikan konsultasi, edukasi, dan solusi kepada warga Bogor untuk mendukung GERMAS.”

Anie Rachmayani – Associate Director Marketing PT Merck Tbk mengatakan, ” Saya sangat gembira dan menyambut hangat atas bergabungnya IAI bersama Merck dan PERDOSSI dalam menyebarkan edukasi pencegahan neuropati. Merck berkomitmen untuk mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik dan sehat lebih lama. Tahun ini kami berpartisipasi dalam melakukan sebuah studi terbaru bernama Studi Klinis NENOIN yang telah dipublikasikan Asian Journal of Medicial Sciences 2018. Studi klinis ini telah membuktikan konsumsi kombinasi vitamin neurotropik dapat mengurangi gejala neuropati hingga 62,9% dan terbukti secara klinis bahwa mengkonsumsi kombinasi vitamin neurotropik lebih baik daripada mengkonsumsi vitamin B tunggal. Dengan adanya hasil studi klinis ini, kami harap masyarakat dapat menjaga kesehatan sarafnya secara optimal dan memperbaiki kualitas hidupnya masing-masing dengan mengkonsumsi vitamin neurotropik melalui produk kami, Neurobion Forte.”

Ketua Pelaksana PIN PERDOSSI 2018, Dr. Zainal Arifin, Sp. S, MHKes, menjelaskan lebih lanjut mengenai puncak acara PIN PERDOSSI 2018, “Acara hari ini diikuti oleh lebih dari 500 dokter spesialis saraf, anggota PERDOSSI, 1.000 apoteker, dan 6 asosiasi profesional laiinya seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), IIDI (Ikatan Isteri Dokter Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia), IBI (Ikatan Bidan Indonesia) yang siap terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan edukasi kesehatan saraf tepi dan pencegahan neuropati. Masyarakat juga akan difasilitasi untuk mendeteksi kesehatan sarafnya secara gratis melalui booth Neuropathy Check Point yang berlangsung sepanjang acara. Harapannya, acara ini dapat meningkatkan awareness masyarakat untuk mulai melakukan pencegahan neuropati.”

 

Mengenai Neuropati

Neuropati adalah penyakit kerusakan saraf yang dapatdisebabkanolehgayahidupsehari-haridalambentukaktivitasberulangsepertibermaingadget, mengendarai motor, mengetik di komputerdanlainnya. Untuk upaya pencegahan, perbaiki gaya hidup dengan mengupayakan gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup untuk regenerasi sel saraf dan konsumsi vitamin neurotropik 1 kali sehari sejak dini secara teratur. Vitamin neurotropikterdiridari vitamin B1, B6, dan B12 yang berfungsi memperbaiki gangguan metabolisme sel saraf, dan memberikan asupan yang dibutuhkan supaya saraf dapat bekerja dengan baik.

Selain itu perlu dilakukan olahraga peregangan secara rutin, salah satunya dengan melakukan Neuromove. Neuromove adalah bentuk olahraga yang dirancang secara khusus oleh para ahli sebagai bentuk pencegahan Neuropati.

 

Mengenai Neuromove

Neuromove adalah gerakan olahraga yang didesain secara khusus untuk mengaktifkan sel-sel saraf, seperti gerakan menyilang batang tubuh, koordinasi bola mata, tangan, keseimbangan, dan focus pada gerakan peregangan yang dapat menghindari cedera. Neuromove sangat praktis dan mudah dilakukan di manasaja, khususnya pada saat beraktivitas seharian di kantor. Cukup sediakan waktu 20 menit untuk keseluruhan gerakan Neuromove, atau durasi 5-10 menit untuk gerakan inti yang dapat dilakukan di area kantor atau rumah yang terbatas. Lakukan senam Neuromove minimal 3 kali seminggu untuk menjaga kesehatan saraf.

 

Tentang PERDOSSI

PERDOSSI adalah Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia yang juga merupakan perhimpunan profesi kedokteran dibawah Ikatan Dokter Indonesia yang bersifat nirlaba. Organisasi ini merupakan satu-satunya organisasi dokter spesialis saraf di Indonesia yang bergerak di bidang pelayanan, pendidikan, penelitian, dan kesejahteraan. Tujuan PERDOSSI adalah :

  • Membantu upaya meningkatkan derajat kesehatan rakyat Indonesia, khususnya dalam kesehatan saraf
  • Mengupayakan pendidikan, pengembangan ilmu dan teknologi dalam bidang kesehatan saraf

 

Tentang Merck

Merck adalah perusahaan sains dan teknologi dalam sektor kesehatan, life science, dan performance materials. Sebanyak 50.000 karyawan bekerja untuk mengembangkan teknologi yang dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas kehidupan –  dari terapi biofarma untuk pengobatan kanker atau multiple sclerosis, sistem mutakhir untuk riset dan produksi ilmiah, hingga kristal cair untuk smartphone dan televisi LCD. Pada tahun 2016, Merck menghasilkan penjualan sebesar 15 miliar euro di 66 negara.Berdiri pada tahun 1668, Merck merupakan perusahaan kimia dan farmasi tertua di dunia. Keluarga pendiri masih merupakan pemilik mayoritas dari grup perusahaan publik. Merck, Darmstadt, Jerman, memiliki hak secara global terhadap nama dan merek perusahaan. Pengeculian hanya di Amerika Serikat dan Kanada, dimana perusahaan beroperasi atas nama EMD Serono, EMD Milipore, dan EMD Performance Materials.

Di Indonesia, PT Merck Tbk didirikan pada 14 Oktober 1970. Bertransformasi menjadi perusahaan public pada tahun 1981, dan merupakan salah satu perusahaan pertama yang terdaftar di Bursa Efek Inbdonesia. Mayoritas saham dimiliki oleh Grup Merck yang berkantor pusat di Darmstadt, Jerman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang PT Merck Tbk, silakan kunjungi www.merck.co.id

 

Tentang IAI

Ikatan Apoteker Indonesia merupakan satu-satunya organisasi profesi para Apoteker Indonesia yang bersifat nirlaba, yang merupakan perwujudan dari hasrat murni dan keinginan luhur para anggotanya, yang menyatakan untuk menyatukan diri dalam upaya mengembangkan profesi luhur kefarmasian di Indonesia pada umumnya dan martabat anggota pada khususnya. Ikatan Apoteker Indonesia memiliki tujuan

a. Menyiapkan Apoteker sebagai Nakes yang berbudi luhur, profesional, memiliki semangat kesejawatan yang tinggi dan inovatif serta berorientasi ke masa depan.

b.Membina, menjaga dan meningkatkan profesionalisme Apoteker sehingga mampu menjalankan praktik kefarmasian secara bertanggungjawab

c. Memperjuangkan dan melindungi kepentingan anggota dalam menjalankan praktik profesinya

d. Mengembangakan kerjasama dengan organisasi profesi lainnya baik nasional maupun internasional

 

separator

separator