divider

News

separator

Melalui BETADINE® Retro Run 2017 Mundipharma dan Yayasan Kanker Indonesia Ajak Masyarakat Berantas Mitos dan Rumor Kanker


Jakarta, 23 Agustus 2017 – Mundipharma Indonesia melalui brand BETADINE® dan Yayasan Kanker Indonesia berkolaborasi kedua kalinya dalam mengadakan kegiatan BETADINE® Retro Run 2017 yang akan diadakan di tanggal 17 September 2017 di Lot 8 SCBD Jakarta.  BETADINE® Retro Run merupakan lari mundur revolusioner pertama di Indonesia yang digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terkait upaya pencegahan dan penanggulangan kanker sekaligus sebagai bentuk donasi pada upaya penanggulangan kanker. Pada tahun ini, Mundipharma Indonesia, BETADINE® dan Yayasan Kanker Indonesia mengajak masyarakat untuk lebih mengerti mengenai penyakit kanker dan memberantas mitos dan rumor yang marak berada di masyarakat terkait penyakit kanker.

Pemahaman masyarakat mengenai penyakit kanker perlu ditingkatkan mengingat banyaknya mitos yang berkembang mengenai kanker di masyarakat yang kebenarannya masih diragukan. Beberapa mitos yang marak dibincangkan masyarakat adalah penyebab penyakit kanker. Banyak diinformasikan bahwa konsumsi jenis makanan tertentu dapat menyebabkan sel kanker, sementara banyak juga makanan yang dianggap super food yang dapat mencegah kanker. Salah satu rumor yang banyak muncul adalah terkait penyedap rasa (MSG) sebagai salah satu pemicu penyakit kanker. Padahal kenyataannya MSG terbukti tidak menyebabkan kanker[1]. Zat atau bahan kimia yang dapat menyebabkan timbulnya kanker terdapat pada makanan tertentu, misalnya makanan yang lama tersimpan dan berjamur dapat tercemar oleh aflatoxin. Aflatoxin adalah zat yang dihasilkan jamur Aspergillus Flavus yang dapat meningkatkan resiko terkena kanker hati.

Disebutkan juga konsumsi jenis makanan tertentu secara terpisah seperti teh hijau, buah beri, akar bit, brokoli, bawang putih dan super food sebagai cara pencegahan kanker, padahal kanker dicegah bukan dengan konsumsi makanan tertentu tapi dengan memperhatikan pola makan secara keseluruhan. Banyaknya mitos yang beredar tersebut menyebabkan persepsi masyarakat mengenai kanker sering keliru, baik dari pencegahan sampai perawatan.

Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp. PD-KHOM Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) “ Dengan adanya berbagai mitos di masyarakat ini, dapat dilihat bahwa pengetahuan masyarakat terkait kanker, pencegahan dan perawatannya masih minim. Padahal, berdasarkan hasil data Riskesdatin tahun 2013 prevalensi penyakit kanker pada penduduk Indonesia mencapai 0.14% dari total penduduk, atau sebesar 347.792 orang. Mengingat hal ini, menjadi semakin penting bagi Yayasan Kanker Indonesia untuk memberikan informasi yang tepat bagi masyarakat.

Oleh karena itu, YKI menyambut baik dukungan Mundipharma Indonesia yang berusaha menyebarkan edukasi mengenai kanker pada masyarakat melalui acara BETADINE® Retro Run 2017. Kami harap melalui acara ini masyarakat menjadi lebih sadar akan cara tepat pencegahan kanker dengan menjaga keseimbangan berat badan, konsumsi makanan bergizi seimbang dan bebas zat kimia juga rutin berolah raga. Kami juga mendorong masyarakat untuk melakukan deteksi dini kanker agar penanganan dapat dilakukan segera dan dengan tepat.”

Mada Shinta Dewi Country Manager PT Mundipharma Healthcare Indonesia, “ Mundipharma memiliki komitmen untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan. Kali ini melalui acara BETADINE® Retro Run 2017, Mundipharma Indonesia bersama dengan Yayasan Kanker Indonesia ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai penyakit kanker dengan cara mengajak masyarakat meningkatan gaya hidup sehat sebagai salah satu upaya pencegahan kanker. Tidak hanya mengerti mengenai mitos dan rumor yang beredar, setiap orang harus dapat menjadi corong dalam lingkungan sekitarnya untuk memberikan edukasi yang tepat khususnya dalam membina pola hidup yang seimbang dan sehat.”

BETADINE® Retro Run 2017 mengajak peserta untuk meningkatkan kualitas hidup melalui serangkaian aktivitas menarik dengan konsep charity fun dimana seluruh hasil penjualan tiket akan didonasikan kepada Yayasan Kanker Indonesia. BETADINE® Retro Run 2016 diikuti oleh lebih dari 1000 orang dan juga lebih dari 60 penyintas kanker.

Antes E Prasetio Head of Ethical Business Unit, Market Access & Communications Mundipharma Indonesia menyatakan, “BETADINE® Retro Run 2017 digelar kedua kalinya pada tahun 2017 setelah tanggapan antusias masyarakat pada tahun 2016. BETADINE® Retro Run 2017 kini memiliki target 1500 peserta dan hingga 150 penyintas kanker. BETADINE® Retro Run hadir kembali dengan konsep lari mundur revolusioner dengan menyediakan dua tipe jalur lari yakni lari 5 km untuk race run dan 3.5 km untuk fun run. Beberapa kegiatan pada acara fun run adalah MB Track yang menjadi pusat dari tema Retro tahun ini, terinspirasi dari permainan game tahun 80-90an yang digemari oleh berbagai usia, Follow Me Area, dimana tersedia 6 drone yang siap mengabadikan momen lari peserta, Selfie Track di mana peserta diharapkan menampilkan keceriaan saat mengambil foto diri dan juga Fighting Track di mana peserta akan ditantang untuk berlari melawan angin yang merupakan representasi perjuangan mereka yang melawan kanker. BETADINE® Retro Run 2017 akan diadakan pada tanggal 17 September 2017 di Lot 8 SCBD.”

Biaya pendaftaran BETADINE® Retro Run sebesar Rp150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah), dimana semua hasil pendaftaran akan didonasikan kepada YKI. Peserta juga akan mendapatkan race pack yang berisi kaos RETRO RUN, BIB (nomor dada), gelang karet, dan refreshment berupa produk dari sponsor. Adapun peserta fun run, bisa memilih salah satu dari gimmick yang disediakan di Follow Me Area.

Informasi lebih lanjut dan pembelian tiket BETADINE® Retro Run 2017 dapat ditemukan di :

  • Sosial media Retro Run 2017

Instagram : BETADINERetroRun

[1] Food Standards Australia New Zealand (FSANZ), Monosodium glutamate: a safety
    review, in Technical Report Series.
 2003, FSANZ: Canberra, ACT.

Tentang Yayasan Kanker Indonesia (YKI)

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) adalah organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker. YKI didirikan di Jakarta pada tahun 1977 oleh tokoh-tokoh masyarakat yang PEDULI terhadap kanker diantaranya adalah DR. Mohammad Hatta, Let. Jend. Ali Sadikin, Prof. DR. G.A. Siwabessy, Arifin Siregar.

Tujuan YKI adalah mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif. Menyadari bahwa penanggulangan kanker hanya mungkin berhasil bila dilakukan oleh semua pihak, maka YKI melaksanakan kegiatannya dengan bekerjasama dengan semua pihak, baik pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan dunia usaha baik di dalam maupun luar negeri.

YKI memiliki 94 cabang di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1981 YKI juga menjadi anggota UICC (Union for International Cancer Control), suatu organisasi Kanker Internasional yang berpusat di Switzerland dimana YKI dapat mengikuti perkembangan permasalahan kanker dan berpartisipasi dalam kegiatan yang bersifat internasional seperti halnya World Cancer Day di Indonesia.

YKI menjalankan berbagai program penanggulangan kanker dengan memprioritaskan pelaksanaan program pada 10 kanker utama berikut:

  • Kanker Payudara
  • Kanker Cervix
  • Kanker Paru
  • Kanker Kolorektal/Usus Besar
  • Kanker Hati
  • Kanker Nasopharynxl
  • Kanker Prostat
  • Lymphoma
  • Leukimia
  • Kanker Kulit

 

Tentang Mundipharma

Mundipharma adalah jaringan global dari perusahaan farmasi yang masing-masing berdiri secara independen. Mundipharma hadir di Indonesia melalui kantor perwakilannya, Mundipharma Laboratories GmbH dengan kantor pusat regionalnya di Singapura.

Mundipharma memiliki lebih dari 60 tahun pengalaman dalam manajemen rasa nyeri dan antisepsis, dengan jangkauan pemasaran di seluruh dunia. Dengan pendapatan tahunan yang signifikan disalurkan untuk penelitian dan pengembangan. Mundipharma didedikasikan untuk menangani kebutuhan mendesak para profesional kesehatan dan pasien.

Mundipharma memberikan produk berkualitas tinggi, dengan misi untuk meringankan penderitaan pasien dan secara substansial memperbaiki kualitas hidup mereka. Mundipharma berkomitmen untuk menghadirkan kepada pasien dengan penyakit parah dan kesakitan pilihan pengobatan baru di bidang – Penanganan Nyeri, Onkologi, Respiratori, Consumer Healthcare, Opthamology, dan Onkologi Suppotive Care.

 

Tentang BETADINE®

BETADINE® ( Povidine- Iodine ) adalah produk yang dipercaya oleh rumah sakit di seluruh dunia selama lebih dari 60 tahun untuk mencegah dan mengobati infeksi . Sebuah merek terpercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores , sakit tenggorokan , infeksi kewanitaan dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar. In-vitro studi menunjukkan bahwa Povidone -iodine, bahan aktif utama BETADINE® dapat membunuh berbagai bakteri , virus dan jamur termasuk kekebalan terhadap antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi. BETADINE® memiliki empat kategori utama, produk yakni Perawatan Luka , Perawatan Kewanitaan, Perawatan Mulut dan Tenggorokan serta Perawatan Penyakit Menular untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

 

separator

separator