Index

divider

News

separator

Lengkapi Menu Puasa Anak dengan Kiwi


Jakarta, 23 Juni 2015. Bulan Ramadhan sudah tiba dan kini saatnya bagi kita untuk berpuasa. Berpuasa memberikan kebahagiaan tersendiri jika dijalani bersama dengan seluruh anggota keluarga, termasuk si buah hati. Sayangnya, tidak mudah mengajak anak berpuasa, apalagi mengajak anak untuk berpuasa yang sehat, khususnya dengan sayur dan buah. Padahal, walaupun puasa, anak tetap membutuhkan nutrisi pertumbuhan tetap optimal . Masih dalam kampanye “Awali dengan Kiwi”, Zespri mengajak para orang tua untuk mengedukasi anak sejak dini mengenai cara puasa yang sehat, dengan buah kiwi Zespri®.

Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, ”Salah satu prinsip terpenting yang harus diperhatikan oleh para orang tua adalah melengkapi makanan anak dengan sayur dan buah, baik saat sahur maupun berbuka puasa. Kurangi makanan berlemak dan makanan manis yang seringkali disuguhi untuk anak. Ganti manis dari makanan atau minuman yang berlebihan, dengan buah. Buah  yang dipilih sebaiknya adalah buah yang kaya serat karena serat dapat membantu agar anak merasa kenyang lebih lama dan tetap menjaga kesehatan saluran pencernaannya, sekaligus buah yang bervitamin tinggi dan bernutrisi tinggi supaya kebutuhan vitamin hariannya tercukupi. Dalam sehari, anak membutuhkan sekitar 15-75 mg kebutuhan vitamin C, dan 1-2 mangkuk buah. Dengan puasa sehat, anak dapat terhindar dari potensi obesitas.”

Salah satu buah yang kaya akan serat yang sangat baik dikonsumsi anak pada saat bulan puasa adalah buah kiwi Zespri® Green. Dari seluruh varian buah kiwi, buah Kiwi Zespri® Green memiliki kandungan serat yang paling tinggi yakni sebanyak 3 g/100g (bandingkan dengan pepaya 1,8 g/100g). Buah Kiwi Zespri® Green juga telah lama diketahui memiliki efek melunakkan daging karena mengandung enzim actinidin. Dengan serat yang tinggi ini, dapat membantu agar anak tidak mudah lapar dan dapat menjalankan puasa penuh.

Jika mencari buah yang kaya akan nutrisi dan kaya vitamin bagi anak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya, buah kiwi Zespri® SunGold merupakan pilihan yang sangat baik.  Buah Kiwi Zespri® SunGold merupakan buah yang sangat kaya nutrisi dengan vitamin C 3 kali jeruk dan nutrisi 10 kali apel. Buah Kiwi Zespri® SunGold juga memiliki angka kecukupan nutrisi 18.7/100gr penyajian (bandingkan dengan apel 1.8/100 gr penyajian)[1]. Dengan tingginya vitamin C dan nutrisinya, buah kiwi Zespri® SunGold dapat memenuhi kebutuhan harian nutrisi anak sehingga orang tua tidak perlu khawatir jika anak ingin berpuasa seharian penuh. Dengan vitamin C yang tinggi, buah kiwi Zespri® SunGold juga dapat meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit agar anak tetap sehat dan fit selama bulan puasa dan saat Lebaran tiba.

Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK menambahkan  ”Riset yang dilakukan oleh University of Otago juga menemukan bahwa mengonsumsi varian buah kiwi Gold sebanyak 2 buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi, dan dapat menaikkan semangat.[2] Kelompok yang mengonsumsi kiwi Gold yang kaya akan vitamin C sebanyak 2 buah per hari mengalami penurunan Total Mood Disturbance (TMD) atau gangguan suasana hati, kelelahan berkurang sebanyak 38%, depresi berkurang sebanyak 34%, dan semangat naik sebanyak 31%. Oleh karena itu, dengan konsumsi makanan yang padat nutrisi dan kaya vitamin C, mood dan energi seluruh anggota keluarga, termasuk si buah hati bisa terjaga selama puasa di hari Lebaran yang fitri. Ini untuk menghindari agar anak tidak uring-uringan dalam menjalankan puasa.”

Deviana Nugraeni, Chief Representative untuk Indonesia mengatakan, “Zespri di tahun 2015 meluncurkan kampanye “Awali dengan Kiwi ”, sebuah kampanye edukatif yang mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai makan pagi dengan buah, khususnya buah kiwi Zespri®. Termasuk di bulan puasa, Zespri mengajak keluarga, baik orang tua maupun anak, untuk konsumsi buah baik di sahur maupun saat berbuka puasa, khususnya buah yang bernutrisi tinggi seperti buah kiwi Zespri®. Buah Kiwi Zespri® SunGold memiliki sifat ”sweeter when softer” – lebih manis saat lebih lunak – dengan kandungan air yang lebih banyak dengan rasa manis menyegarkan, bahkan lebih manis saat buahnya matang dan lebih lunak. Sementara buah Kiwi Zespri® Green memiliki cita rasa menyegarkan. Saat puasa, buah kiwi juga mudah disiapkan karena anak bisa langsung makan dengan cara ”cut&scoop”, tinggal dibelah dua dan disendok dagingnya.”

Membuat anak menyukai buah membutuhkan tips dan trik sendiri.  Anak seringkali “pilih-pilih” makanan dan lebih tertarik pada makanan yang menurutnya menarik – yang padahal seringkali merupakan makanan yang tidak sehat. Usia anak yang masih kecil juga membuat mereka sulit untuk memahami manfaat kesehatan dari buah-buahan sehingga perlu cara yang menyenangkan dan mudah untuk mengajak dan mengenalkan manfaat buah.

Vera Itabiliana K. Hadiwidjojo, Psi., psikolog anak di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia mengatakan, “Orang tua harus mencontohkannya terlebih dahulu pada anak dan memperlihatkan bahwa orang tua juga gemar untuk makan buah. Ajak anak untuk terlibat saat menyiapkan buah dan membuatnya sekreatif mungkin. Tampilan yang semakin menarik akan membuat anak untuk mencoba menyicip buah tersebut. Pilih buah yang mudah dimakan oleh anak seperti buah kiwi sehingga anak tidak merasa repot dan sulit saat memakan buah.  Penting pula untuk menceritakan manfaat dari buah yang sangat baik untuk kesehatannya. Gunakan kata-kata yang sederhana dan lebih baik lagi jika dapat dikemas dalam bentuk cerita dongeng misalnya. Jika anak berhasil, jangan lupa untuk berikan reward kepada anak agar anak merasa semakin bangga jika berhasil memakan buah. “

 

 

Tentang riset dari Zespri

Riset yang dilakukan oleh University of Otago menemukan bahwa mengonsumsi varian buah kiwi Gold sebanyak 2 buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi, dan dapat menaikkan semangat.[1]

Riset dilakukan kepada pria berusia 18-35 tahun yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama, mengonsumsi varian buah Kiwi Gold sebanyak setengah butir (53 mg), dan kelompok kedua mengonsumsi 2 butir buah kiwi Gold atau setara dengan 212 mg selama 6 minggu. Setelah 6 minggu, penelitian membuktikan kelompok yang mengonsumsi kiwi Gold yang kaya akan vitamin C sebanyak 2 buah per hari mengalami penurunan Total Mood Disturbance (TMD) atau gangguan suasana hati, kelelahan berkurang sebanyak 38%, depresi berkurang sebanyak 34%, dan semangat naik sebanyak 31%.

Tentang Zespri®

Zespri® International adalah perusahaan asal New Zealand yang memiliki kantor di Eropa, Inggris, Amerika Utara, Jepang dan Asia Pasifik dan telah memasarkan buah kiwi ke lebih dari 50 negara di dunia. Merk Zespri® memastikan suatu jaminan produk natural yang berkualitas dan lezat. Perusahaan yang dimiliki oleh para petani buah kiwi ini, merupakan market leader dalam pasar buah kiwi di dunia.

Zespri® International melakukan riset secara berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas, mengembangkan buah kiwi varian baru dan menjalankan metode produksi yang lebih ramah lingkungan.

Buah kiwi yang awalnya dikenal sebagai Chinese Gooseberry dibawa ke New Zealand oleh seorang guru bernama Isabel Fraser pada tahun 1904. Pengelolaan yang baik didukung oleh tanah New Zealand yang subur dan iklimnya yang mendukung, menjadikan buah kiwi sebagai salah satu produk ekspor unggulan negeri tersebut hingga saat ini.

Kunjungi website Zespri® di: www.zespri.co.id

 

 

separator

separator