Index

divider

News

separator

Kementerian Kesehatan RI dan Perhimpunan Obsteri dan Ginekologi Indonesia Luncurkan Buku Saku “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” didukung oleh Mundipharma Healthcare Indonesia Tingkatkan Pemahaman Siswi Usia Remaja Tentang Kebersihan Kewanitaan Saat Menstruasi


Jakarta, 14 Maret 2018 – Menstruasi merupakan proses biologis yang normal bagi perempuan. Namun dari hasil riset Burnet Institute tahun 2015[1] terhadap 1.159 murid perempuan di Indonesia, menemukan bahwa masih banyak anak perempuan yang belum mengerti mengenai menstruasi, siklus menstruasi, dan manajemen kesehatan menstruasi. Oleh karena itu, Direktorat Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dan didukung oleh PT Mundipharma Healthcare Indonesia meluncurkan Buku Saku “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi”. Buku Saku ini diluncurkan di SMPN 115 Jakarta dan merupakan awal dari rangkaian edukasi yang akan diadakan di beberapa sekolah di Indonesia sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).

dr. Eni Gustina, MPH – Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan RI, menyatakan “Remaja perempuan perlu mendapatkan pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mereka mengalami menstruasi. Kurangnya pengetahuan mengenai menstruasi bisa menyebabkan kurangnya persiapan ketika pertama kali mengalami menstruasi dan kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan kebersihan menstruasi yang aman di sekolah. Kementerian Kesehatan RI selalu berupaya untuk memberikan edukasi ke masyarakat melalui Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). Kami sangat mengapresiasi dukungan dari POGI dan Mundipharma Indonesia atas kontribusinya dalam penyusunan buku saku ini. Kementerian Kesehatan RI mengajak masyarakat, terutama guru dan murid perempuan untuk lebih mengerti mengenai kebersihan kewanitaan ketika menstruasi melalui buku saku ini dan turut menyebarkan informasi ini ke rekan- rekan yang lain.”

dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER – Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) mengatakan, “Penting bagi perempuan untuk mengenal sistem reproduksinya. Tubuh kita telah tercipta sedemikian rupa untuk bisa menjaga kondisi kebersihan dan kesehatan secara natural selama menstruasi. Hal yang perlu diperhatikan adalah memiliki rutinitas baik dalam membantu menjaga kebersihan menstruasi, seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut. Selain itu tidak kalah pentingnya adalah mengenal gejala menstruasi yang tidak normal seperti nyeri berlebihan, pola sangat tidak teratur, dan terlambat mengalami menstruasi pertama, yaitu di atas usia 14 tahun. Apabila ada gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.”

Vina Oktavia Setiawan – Brand Manager BETADINE® Feminine Care mengatakan, “Organ kewanitaan adalah harta paling berharga untuk wanita. Kita perlu memberikan edukasi yang tepat kepada anak perempuan mengenai menstruasi agar mereka memiliki informasi lengkap dalam penanganan menstruasi. Di dalam buku saku ini akan ditemukan berbagai informasi yang dapat membantu remaja perempuan memperoleh penjelasan mengenai berbagai hal yang perlu diketahui tentang menstruasi dan menjaga kebersihan dengan baik. Berbagai kiat-kiat mengenai cara membuang pembalut, informasi asupan makanan sehat agar tetap produktif, cara menjaga kebersihan saat menstruasi, atau cara mudah mengatasi pre-menstrual syndrome juga tersedia. Kami berharap buku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ ini dapat membantu remaja untuk mengenal menstruasi dan mengetahui lebih jelas langkah menjaga kebersihan area kewanitaan dari sumber yang terpercaya.” Buku Saku ini akan disebarkan lebih luas lebih lanjut pada remaja perempuan usia 12-14 tahun di SMP, komunitas ibu dan anak dan juga melalui Dinas Kesehatan

[1] Menstrual Hygine Management In Indonesia – Understanding Practices, Determinants and Impact Among Adolescent School Girls, Prepared for UNICEF INDONESIA by Burnet Institute, SurveyMETER, WaterAid Australia, Aliansi Rem aja Independen, 2015.

Tentang BETADINE®  

BETADINE® Feminine Hygiene

BETADINE® (Povidine-Iodine) adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah merek terpercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan, infeksi kewanitaan dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar. In-vitro studi menunjukkan bahwa Povidone – iodine, bahan aktif utama BETADINE®, dapat membunuh berbagai bakteri, virus dan jamur termasuk kekebalan terhadap antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi. BETADINE® memiliki empat kategori utama, produk yakni Perawatan Luka, Perawatan Kewanitaan, Perawatan Rongga Mulut dan Tenggorokan serta Perawatan Penyakit Menular untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

BETADINE® Feminine Hygiene adalah antiseptik kewanitaan dengan Povidone-Iodine untuk mengatasi kuman penyebab keputihan, gatal, iritasi dan bau tak sedap; serta mengembalikan flora vagina normal ke jumlah semula setelah 2-3 jam pemakaian.

BETADINE® Feminine Hygiene disarankan untuk digunakan saat risiko infeksi meningkat seperti saat menstruasi dan saat berada di lingkungan yang tidak bisa dipastikan kebersihannya, seperti saat berenang, menggunakan toilet umum. BETADINE® Feminine Hygiene dapat menurunkan risiko infeksi dan dapat digunakan untuk pengobatan.

Cara pemakaian: Tuangkan 1 tutup botol (± 8 ml) BETADINE® Feminine Hygiene dan campurkan dengan ± 1 liter air bersih. Basuhkan pada area kewanitaan, biarkan selama ±1 menit kemudian bilas kembali dengan air bersih. Gunakan setiap mandi pada saat periode menstruasi. Untuk pengobatan: gunakan 2x sehari selama 5 hari berturut-turut.

 

Tentang Mundipharma

Mundipharma adalah jaringan global dari perusahaan farmasi yang masing-masing berdiri secara independen. Mundipharma hadir di Indonesia melalui kantor perwakilannya, Mundipharma Laboratories GmbH dengan kantor pusat regionalnya di Singapura.

Mundipharma memiliki lebih dari 60 tahun pengalaman dalam manajemen rasa nyeri dan antisepsis, dengan jangkauan pemasaran di seluruh dunia. Dengan pendapatan tahunan yang signifikan disalurkan untuk penelitian dan pengembangan. Mundipharma didedikasikan untuk menangani kebutuhan mendesak para profesional kesehatan dan pasien.

Mundipharma memberikan produk berkualitas tinggi, dengan misi untuk meringankan penderitaan pasien dan secara substansial memperbaiki kualitas hidup mereka. Mundipharma berkomitmen untuk menghadirkan kepada pasien dengan penyakit parah dan kesakitan pilihan pengobatan baru di bidang – Penanganan Nyeri, Onkologi, Respiratori, Consumer Health dan Specialty Care.

separator

separator