divider

News

separator

Kementerian Kesehatan RI dan Nutrifood Adakan Program Deteksi Dini Diabetes – Jakarta Lawan Diabetes di 25 Pasar Tradisional DKI Jakarta


Jakarta, 20 April 2016 – Tahun ini Hari Kesehatan Dunia mengangkat tema Diabetes. Di tingkat nasional, tema ini disampaikan dalam tema “Cegah, Obati, Lawan Diabetes”. Berlatar belakang Hari Kesehatan Dunia 2016 dan Hari Diabetes Nasional 18 April Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Nutrifood mengadakan deteksi dini diabetes di 25 pasar tradisional. Diabetes menjadi fokus utama karena angka kejadiannya yang tinggi. Indonesia menempati peringkat ke-7 sebagai penderita diabetes terbanyak di dunia. Padahal Diabetes dapat dicegah atau kejadiannya dapat ditunda, salah satunya dengan deteksi dini.
Program Deteksi Dini Diabetes – Jakarta Lawan Diabetes akan diadakan pada tanggal 25 April – 30 Mei 2016 di 25 pasar di 5 wilayah DKI Jakarta (daftar pasar ada di lampiran). Deteksi dini mulai dari jam 7 pagi hingga selesai. Selain deteksi diabetes, masyarakat dapat memeriksakan indeks massa tubuh dan tekanan darah. Ketiga pemeriksaan tersebut penting dilakukan untuk mengetahui risiko timbulnya penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung dan stroke.
dr Lily S Sulistyowati, MM, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, mengatakan “Tema Hari Kesehatan Sedunia tahun ini sangat relevan dengan upaya pemerintah bersama seluruh lapisan masyarakat, utamanya para pelaku usaha, untuk mengendalikan faktor risiko penyakit tidak menular, khususnya Diabetes yang saat ini sudah menjadi penyakit pembunuh nomor 3 di Indonesia (6,7%) merujuk pada data Sample Registration Survey 2014. Dalam kampanye nasional Cegah, Obati, Lawan Diabetes, kami mengajak seluruh pihak untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang pencegahan dan pengendalian diabetes. Kami mengapresiasi inisiasi Nutrifood yang bekerja sama dalam pengadaaan deteksi dini Diabetes. Kami berharap inisiasi ini dapat terus dilakukan dan dapat membantu terwujudnya masyarakat Indonesia yang lebih sehat”.
Susana, Head of Nutrifood Research Center mengatakan, “Nutrifood secara inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan hidup, dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah melalui edukasi dan deteksi dini. Kali ini sesuai dengan tema Hari Kesehatan Sedunia dan dalam rangka Hari Diabetes Nasional 18 April, kami menginisiasi deteksi dini diabetes. Lokasi yang kami pilih adalah yang paling dekat dengan masyarakat yaitu pasar tradisional bekerja sama dengan PD Pasar Jaya. Ini juga merupakan tindak lanjut dari inisiatif Bapak Gubernur DKI Jakarta untuk mengadakan pojok sehat di pasar-pasar, yang disampaikan dalam acara program edukasi Cermati Gula, Garam, Lemak di Balai Kota DKI Jakarta tahun 2015 lalu. Harapannya, masyarakat semakin sadar untuk melakukan pencegahan dan mulai memeriksakan diri sedini mungkin.”
Lebih lanjut Susana menyampaikan, “Momen Hari Diabetes Nasional menjadi penting untuk memulai edukasi mengenai diabetes. Dan edukasi ini tidak hanya terhenti dengan deteksi dini diabetes di 25 pasar tradisional di DKI Jakarta saja, tapi juga akan kami lengkapi dengan pemasangan materi edukasi mengenai diabetes di lebih banyak lokasi yang terjangkau masyarakat.”
Angka kematian akibat penyakit tidak menular (PTM) di Indonesia semakin meningkat, dari 49,9% di tahun 2001 menjadi 59,5% di tahun 2007. Beberapa penyakit tidak menular dan persentase penyebab kematian antara lain hipertensi 31,7%, penyakit jantung 7,2%, kanker/tumor 4,3%, dan diabetes melitus 1,1%. Penyakit Tidak Menular juga menjadi penyebab utama kematian di DKI Jakarta. Berdasarkan informasi dari Surveilans Penyebab Kematian Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, 3 penyakit utama kematian di DKI Jakarta baik pada tahun 2013 maupun tahun 2014 adalah Hipertensi, Diabetes Melitus (DM), dan penyakit kardiovaskular (stroke, jantung, dsb).
Umumnya, penyakit tersebut terkait dengan konsumsi gula, garam dan lemak berlebih. Konsumsi gula berlebih dapat meningkatkan glukosa darah dan berisiko obesitas dan diabetes. Anjuran batas konsumsi gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI yaitu 50 gram (4 sendok makan) per orang/hari. Rekomendasi untuk pencegahan diabetes adalah :
• Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Konsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari, kurangi penggunaan garam, gula dan lemak serta hindari makanan olahan yang mengandung banyak gula dan garam.
• Upayakan untuk bergerak secara aktif dalam melakukan aktifitas fisik/olah raga secara baik, benar, teratur dan terukur (BBTT).
• Lakukan pemeriksaan kesehatan/deteksi dini faktor risiko Diabetes secara teratur, awasi berat badan dan jaga agar tetap ideal (IMT 18-23), periksa gula darah dan tekanan darah secara berkala.
• Bagi yang sudah menyandang Diabetes, ikuti saran medis dengan minum obat teratur, menjaga pola makan, beaktifitas fisik dan meningkatkan kemandirian.

Tentang Nutrifood
Nutrifood yang telah hadir selama 36 tahun secara inovatif menginspirasi dan membantu setiap individu untuk mencapai keseimbangan hidup dengan menjalankan pola hidup sehat yang menyenangkan dan memperhatikan asupan nutrisi sehingga dapat menikmati hidup sehat lebih lama. Nutrifood senantiasa inovatif dalam menyediakan produk dan layanan premium yang bermutu tinggi melalui varian-varian enam produk unggulannya, yaitu L-Men, Tropicana Slim, HiLo, NutriSari, W’Dank dan Alergon. Saat ini Nutrifood berkantor pusat di Jakarta dengan jaringan distribusi di lebih dari 30 negara di dunia. Setiap produk Nutrifood memiliki kualitas tinggi, memberi kemudahan dan menyenangkan, serta efektif berdasarkan pendekatan ilmiah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kami dapat mengunjungi www.nutrifood.co.id.

separator

separator