divider

News

separator

Jazz Gunung Bromo 2016 Hari Ini Digelar


Purbolinggo, 19 Agustus 2016 – Hari ini acara tahunan Jazz Gunung Bromo siap digelar. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmennya untuk turut serta dalam pengembangan potensi industri kreatif dengan mendukung pagelaran musik jazz. Dalam acara yang berlangsung selama dua hari ini penonton akan disuguhkan oleh penampilan dari beragam artis baik dari dalam negeri maupun internasional, diantaranya Scionti Trio (Spanyol), Samba Sunda, Ring Of Fire Project Ft. Bonita & Richard Hutapea, Ermy Kulit, Shaggy Dog, Nial Djuliarso Trio Ft. Arief Setiadi, Peni Candra Rini, The Groove, dan Dwiki Dharmawan Project.

Jazz Gunung Bromo digelar untuk kedelapan kalinya di Amfiteater Jiwa Jawa Resort Bromo, Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada 19-20 Agustus 2016. Hadir dalam acara ini Kepala Kantor Wilayah VII BCA Malang Djoko Rosmiatun, Penggagas Jazz Gunung Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa, Djaduk Ferianto, dan performers Jazz Gunung Bromo 2016. Dukungan terhadap kegiatan ini merupakan salah satu implementasi kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pada pilar Solusi Sinergi Bakti BCA.

“Industri kreatif menjadi salah satu penyokong perekonomian masyarakat dan dapat diaplikasikan melalui berbagai wadah, seperti pertunjukan musik jazz. Dengan ciri khas Jazz Gunung Bromo 2016 yang merupakan kaloborasi dari musik jazz dan musik tradisional Indonesia, kami yakin acara ini menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berwisata ke Bromo sambil menikmati kekayaan budaya seni dari dalam negeri. Atas dasar ini, BCA terus memberikan dukungan terhadap Jazz Gunung Bromo sebagai bentuk komitmen kami dalam memperkenalkan kekayaan budaya dan wisata Indonesia,” ujar Djoko Rosmiatun.

Jazz Gunung Bromo merupakan festival jazz tahunan yang digagas Sigit Pramono, Butet Kartaredjasa dan Djaduk Ferianto sebagai bentuk apresiasi terhadap musik jazz etnik Indonesia. Acara yang digelar sejak 2008 ini membawa nuansa yang berbeda dalam dunia seni pertunjukan musik, serta menjadi ajang untuk mencintai kearifan alam pegunungan Bromo Tengger Semeru yang telah menjadi simbol budaya asli Nusantara.

Berdekatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, Jazz Gunung Bromo tahun ini mengambil tema ’Pesta Merdeka di Puncak Jazz Raya’. Jazz Gunung Bromo 2016 menggabungkan konsep budaya musik, kekayaan alam Indonesia, dan semangat nasionalisme sehingga akan memberikan pengalaman lain untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Bebunyian indah dan kesejukan alam menjadi pengalaman tidak tergantikan bagi para Jama’ah Al-Jazziah, sebutan untuk mengunjung Jazz Gunung Bromo.

4.000 pengunjung yang datang selama dua hari dalam acara ini membawa dampak positif yang signifikan untuk pengembangan pariwisata Probolinggo. Penginapan dan rumah warga yang dijadikan tempat penginapan di sekitar lokasi acara habis dipesan. Kehadiran pengunjung yang membeli makan, minum, serta perlengkapan pakaian hangat, ikut menyokong perekonomian warga sekitar.

Ada momentum berbeda dari pergelaran Jazz Gunung Bromo tahun ini, yaitu pemberian penghargaan kepada tokoh Jazz Indonesia. Ireng Maulana menjadi tokoh pertama yang menerima penghargaan atas perjuangan dan inspirasi yang diberikan kepada masyarakat untuk mengembangkan musik jazz. Inisiatifnya dalam menggelar JakJazz, pertunjukan musik tahun 1980-an, berhasil mendorong lahirnya pergelaran-pergelaran musik jazz di Indonesia.

“Animo masyarakat yang begitu tinggi terhadap pertunjukan musik jazz di tengah keindahan Gunung Bromo ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus mendukung berbagai perhelatan yang mendukung kemajuan industri kreatif di Indonesia. Maju terus musik jazz etnik dan pariwisata Indonesia,” tutup Djoko Rosmiatun.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2016, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14,8 juta rekening nasabah melalui 1.201 cabang, 16.974 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

separator

separator