Index

divider

News

separator

Inovasi yang Peduli


Surabaya, 29 Juli 2016 – Program Jaminan Kesehatan Nasional diharapkan dapat meningkatkan jangkauan hingga 160 juta pasien di tahun 2018. Hal ini berarti dibutuhkan investasi yang signifikan untuk menunjang kesiapan infrastruktur kesehatan Indonesia.

Saat ini, terdapat kurang dari 2.000 RS umum dan 544 RS spesialis di Indonesia, yang melayani lebih dari 240 juta masyarakat yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau. RS tipe C dan D berjumlah sekitar 1.500 buah, dimana sebagian besar kurang didukung dengan peralatan medis dan tenaga kesehatan yang memadai.

Melihat fakta ini, GE Healthcare di awal tahun ini meluncurkan Kampanye ‘Inovasi yang Peduli’ di Indonesia, sebuah kampanye edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan akses layanan kesehatan berkualitas, terutama di RS tipe C dan D, khususnya untuk kesehatan ibu dan anak serta penyakit jantung.

Kampanye ‘Inovasi yang Peduli’ dilaksanakan bekerja samadengan Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA), Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dan Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI).

Kampanye Inovasi yang Peduli memulai roadshow di Bandung (Jawa Barat) pada bulan Mei, dilanjutkan di Surabaya (Jawa Timur) pada bulanJuli, Semarang (Jawa Tengah) pada bulan Agustus, dan berakhir di Medan (Sumatra Utara) pada bulan September.

Kegiatan Kampanye Inovasi yang Peduli di Surabaya
Hari 1 – Jumat, 29 Juli 2016
Di hari pertama, kegiatan yang dilakukan berupa sesi pengetahuan tentang manajemen layanan, tata kelola rumah sakit, kendali biaya dan mutu serta pemanfaatan teknologi kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan kualitas manajemen rumah sakit (kepemimpinan, pengembangan usaha, pelayanan dan jasa pengadaan).

Hari 2 – Sabtu, 30 Juli 2016
Diskusi klinis seputar kesehatan ibu yang disampaikan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan, kesehatan jantung yang disampaikan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah serta mengenai kesehatan anak khususnya bidang neonatologi yang disampaikan oleh dokter spesialis anak.

Hari 3 – Minggu, 31 Juli 2016
Sesi berbagi pengetahuan tentang kesehatan ibu dan anak serta penyakit jantung kepada masyarakat dengan penekanan pada upaya preventif. Pada hari ini juga ada pemeriksaan jantung dengan EKG secara gratis, termasuk antenatal ultrasound. Kegiatan senam bersama dan hiburan akan memeriahkan acara ini.

GE Healthcare’s Affordable Care Portfolio – produkyang ditujukan bagi negara berkembang
Solusi yang inovatif memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan sistem kesehatan di seluruh dunia. GE Healthcare’s Affordable Care Portfolio meliputi teknologi rendah biaya (low-cost technologies) yang didesain khusus untuk negara berkembang.

Tahun lalu, GE Healthcare memperkenalkan Vscan Access di Indonesia, sebuah ultrasound portable dengan harga terjangkau, didesainuntuk membantu meningkatkan layanan kesehatan ibu hamil. Vscan Access diciptakan bagi tenaga kesehatan primer seperti bidan, dengan cara penggunaan yang sederhana, namun memberikan informasi akurat dalam pemeriksaan kehamilan.

Tentang GE Healthcare Indonesia

Seiring dengan semakin berkembangnya kelas menengah, meningkatnya angka kejadian penyakit kronis, adanya berbagai peraturan baru di industri kesehatan serta peningkatan kualitas layanan kesehatan lokal, dan rencana pemerintah untuk mengembangkan jangkauan Jaminan Kesehatan Nasional, Indonesia saat ini sedang giat memperbaiki sistem kesehatannya.

Pemerintah Indonesia menargetkan 100% penduduknya dapat terlindungi melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di tahun 2018. Target ini berdampak pada peningkatan kebutuhan jumlah klinik, rumah sakit dan tenaga kesehatan.

Sebagai pemimpin teknologi dan juga mitra lokal,GE Healthcare berkomitmen untuk membantu Indonesia membangun sistem kesehatan yang berkesinambungan. GE Healthcareadalah yang terdepan dalam penyediaan solusi danteknologi imaging untuk keperluan medisuntuk mendukung industri kesehatan Indonesia yang sedang berkembang.

Bersama dengan pemerintah dan mitra swasta, GE Healthcare membantu Indonesia memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang meningkat tajam dengan menyediakan solusi inovatif untuk meningkatkan akses dan keterjangkauan layanan kesehatan yang berkualitas. GEhadir di Indonesia sejak tahun 1940. Kini, GE Healthcare secara berkesinambungan mendukung peningkatan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang berkualitas serta mengurangi biaya kesehatan di seluruh negeri.

GE Healthcare terus memperkuat eksistensi dan meningkatkan jumlah karyawan sehingga dapat memberikan solusi yang lebih sesuai bagi kebutuhan lokal diseluruh jaringan bisnis GE.

2016: Perluasan GE Healthcare di Indonesia
– GE Healthcare menggandakan jumlah tim lokal Indonesia di akhir tahun 2015
– Walaupun Jakarta adalah kota terpadat di Indonesia, namun kebutuhan akan layanan kesehatan berkualitas dan terjangkau di daerah juga besar. Untuk mendukung hal ini, GE Healthcare membuka kantor barunya di Surabaya pada November 2015
– Kantor Surabaya memiliki 12 karyawan dan akan terus berkembang hingga 30 karyawan.
– Selain di Jakarta dan Surabaya, GE Healthcare memiliki karyawan di Medan, Semarang, dan Yogyakarta
Peningkatan Kapasitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia
Edukasi dan pengembangan sumber daya manusiasangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sistem kesehatan Indonesia. Sebagai bagian dari GE Healthcare, ASEAN Healthcare Learning Institute (AHLI) kami telah berkolaborasi dengan institusi dan organisasi kesehatan di Indonesia untuk membantu meningkatkan penyedia layanan kesehatan. Di Indonesia, GE Healthcare telah mengadakan lebih dari 75 program edukasi melalui AHLI, melatih hampir 2.000 penyedia layanan kesehatan. Kolaborasi kami termasuk bersama:

POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) : bekerjasama dengan GE Healthcare dalam menggagas pelatihan kompetensi implementasiultrasound bersertifikasi untuk meningkatkan pengetahuan medis para spesialis obstetri-ginekologi di seluruh Indonesia. Selain menyediakan beasiswa pendidikan untuk menyokong penyediaan buku teks dan komputer bagi para peserta pelatihan, GE Healthcare tentunya menyediakan teknologi/alat ultrasound-nya untuk mendukung program ini.

PDSRI (Persatuan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia) : GE Healthcare menyediakan dana beasiswa bagi PDSRI untuk menyelenggarakan pelatihan klinis dasar dan menengah terkait penggunaan MR, CT dan ultrasound bagi para radiolog. Hingga saat ini, lebih dari 400 radiolog telah dilatih oleh panel PDSRI yang terdiri dari tokoh-tokoh terkemuka dan melalui jejaring GE Healthcare (seperti COR Singapore dan NNI Singapore). Meningkatnya pengetahuan mengenai layanan kesehatan di kalangan radiolog, turut meningkatkan kompetensi mereka dalam mempertajam akurasi diagnosa dan opsi-opsi perawatannya kepada pasien. Hal tersebut kemudian membantu meningkatkan efiesiensi dan kualitas layanan kesehatan.

PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia) : GE Healthcare mendukung program Pendidikan CT Jantung yang dikelola oleh PERKI, dalam bentuk peminjaman peralatan yang diperlukan (Server Advanced Workstation) dan penyediaan aplikasi bagi spesialis untuk pelatihan tersebut. Server-server tersebut digunakan selama pelatihan oleh para partisipan untuk memproses gambar citra. Sejak program ini diluncurkan tahun lalu, GE Healthcare telah mendukung 9 kegiatan di area Jawa Timur dan membantu melatih 60 kardiolog dan 30 dokter residen kardiologi.
PARI (Perhimpunan Radiografer Indonesia) :GE Healthcare bekerjasama dengan PARI telah meluncurkan sesi pelatihan berseri bagi radiografer MRI di seluruh Indonesia. Pelatihan tersebut fokus pada keterampilan teknis dan pengaplikasian alat pindai MRI. Hingga saat ini, sebanyak lebih dari 30 radiografer telah berhasil dilatih dan kedua belah pihak bertahap dapat segera memperluas cakupan pelatihan ke area-area layanan kesehatan potensial lainnya.

separator

separator