divider

News

separator

Indonesia akan Menjadi Tuan Rumah Pameran UBM BeautyIndonesia yang Pertama


Jakarta, 15 Juni 2016 – Industri kecantikan selalu memperlihatkan peningkatan yang konsisten dibandingkan industri lainnya. Menurut Euromonitor International, Negara-negara berkembang berkontribusi sebesar 51% bagi industri kecantikan global, termasuk di antaranya Indonesia yang memiliki pasar yang dinamis di kawasan Asia Tenggara. Diestimasikan, Indonesia akan menjadi pasar pertumbuhan utama untuk industri kecantikan pada tahun 2019.

Ir. Afrida Suston Niar, MM, Kepala Sub Direktorat Industri Farmasi dan Kosmetika Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, mengatakan, “Indonesia memiliki peluang besar dalam industri kecantikan karena pasar domestik yang luas, ketersediaan SDM, dan juga potensi material bahan baku. Sebagai negara beriklim tropis, serta kaya akan warisan kecantikan, keberagaman suku bangsa dan budaya, menjadi keunikan tersendiri bagi pengembangan industri kosmetik dan perawatan kecantikan yang potensial. Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang stategis dan potensial mengingat bahwa saat ini terdapat 760 perusahaan kosmetik skala besar, menengah dan kecil yang tersebar di wilayah Indonesia, serta mampu menyerap 75.000 tenaga kerja secara langsung dan 600.000 tenaga kerja secara tidak langsung.”

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) Tahun 2015-2035, industri kosmetik menjadi salah satu Industri Andalan, yaitu industri prioritas yang berperan besar sebagai penggerak utama (prime mover) perekonomian. Selain menekankan pada penguasaan riset dan teknologi untuk mendukung inovasi produk kosmetika, diharapkan pula terciptanya kemandirian bahan baku kosmetika, terutama berbasis alam Indonesia.

Mr. Ivan Ferrari, General Manager PT UBM Indonesia, menjelaskan, “Dengan keunikan, kekayaan bahan alami kecantikan, serta populasi penduduk mencapai 260 juta, Indonesia adalah sebuah pasar lokal yang luas dan dinamis – dimana seluruh merek global berada – yang menciptakan persaingan yang kuat dan peluang yang besar. Melihat fakta ini, UBM Indonesia memperkenalkan BeautyIndonesia yaitu pameran niaga pertama dan satu-satunya di Indonesia yang didedikasikan kepada para peserta internasional. Pameran ini mencakup semua sektor kecantikan, meliputi: bahan, kemasan & mesin, manufaktur, kosmetik, perlengkapan mandi & perawatan pribadi, kesehatan & spa, kesehatan alami, salon kecantikan, tata rambut profesional, kuku dan aksesoris.”

BeautyIndonesia merupakan bagian dari rangkaian pameran kecantikan UBM yang juga diadakan di India, Thailand, Hong Kong, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Jepang. Pameran niaga selama tiga hari ini akan dipadati dengan berbagai aktivitas, seperti Business Matchmaking program yang mempertemukan secara spesifik para professional industri sesuai dengan minat dan kebutuhan, demo, kompetisi, dan South East Asia Beauty Symposium yang akan mengumpulkan para pemimpin bisnis dan industri kecantikan dalam diskusi panel untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, seminar, tren, dan analisis pasar.

Ir. Afrida Suston Niar, MM, menambahkan, “Dengan adanya pameran BeautyIndonesia 2017 diharapkan dapat menjadi sarana promosi dan pertukaran informasi industri kosmetik nasional dan internasional, termasuk teknologi produksi, riset, pasar, dan trend kosmetik terbaru, sekaligus mendorong investasi industri bahan baku kosmetik di dalam negeri.”

Target pengunjung BeautyIndonesia 2017 termasuk para profesional dari produsen kosmetik, salon, spa, importir, distributor, dan bidang terkait lainnya. Pengunjung berkesempatan mendapatkan pilihan bahan baku kecantikan terbaik, penyedia perlengkapan yang profesional, mendapatkan informasi terkini dari industri, serta menjalin kerja sama dengan rekan yang potensial.

“Kami berharap BeautyIndonesia 2017 dapat menciptakan harmonisasi antara produsen lokal dan internasional, sehingga dapat meningkatkan industri kecantikan Indonesia,” tutup Mr Ivan Ferrari.

Tentang PT. UBM Pameran Niaga Indonesia

PT UBM Pameran Niaga Indonesia adalah bagian dari UBM Asia. Dimiliki oleh UBM plc yang terdaftar di London Stock Exchange, UBM Asia beroperasi di 18 sektor pasar dengan kantor pusat di Hong Kong dan anak perusahaan di seluruh Asia, termasuk UBM China di Shanghai, Hangzhou, Guangzhou dan Beijing. UBM memilki lebih dari 200 produk media yang terbagi dalam tiga kategori: pameran perdagangan, percetakan dan online. Sebagai penyelenggara pameran terkemuka di Asia dan penyelenggara komersial terbesar di dua pasar terbesar Asia: Cina dan India, UBM mengadakan event-event besar dari setiap jenis industri di seluruh Asia.

Sebanyak 150 event, 24 publikasi dan 18 portal vertikal melayani 1.000.000 lebih peserta pameran berkualitas, pengunjung, delegasi konferensi, pengiklan dan pelanggan dari seluruh dunia dengan event-event bisnis tatap muka yang sesuai dan bernilai tinggi, kualitas dan publikasi instant di pasar dan tren industri serta jaringan online trading dan platform sourcing. UBM memilki 1.000 staff di 21 kota besar di seluruh Asia, menyebar dari Jepang hingga ke Turki.

UBM memberikan nilai tinggi kepada mitra dan pelanggannya melalui:
• 25 tahun pengalaman dalam menyelenggarakan pameran internasional skala besar, konferensi dan publikasi besar di Asia.
• Menjadi pioneer portal vertikal yang spesifik untuk industri yang menyediakan penyesuaian bisnis dan informasi berkualitas
• Tim manajemen yang sangat professional dengan pengalaman bertahun-tahun di bidang pameran industri
• Jaringan global yang kuat dengan perusahaan yang sepenuhnya dimiliki di kota-kota besar termasuk Hong Kong, Beijing, Shanghai, Hangzhou, Guangzhou, Chengdu, Shenzhen, Taipei, Tokyo, Seoul, Singapore, Bangkok, Kuala Lumpur, Jakarta, Mumbai, New Delhi, Bangalore, Chennai dan Istanbul di Asia, New York dan San Francisco di Amerika Serikat.

Misi UBM: menciptakan bisnis yang riil bagi pelanggannya
UBM menghargai kebutuhan bisnis para pelanggannya. Seluruh produk UBM dirancang untuk menjembatani kebutuhan pembeli dan penjual. UBM berkomitmen untuk membangun produk berkualitas dan bertahan lama.

separator

separator