divider

News

separator

Finhacks Hasilkan Tiga Aplikasi Terbaik, BCA Berkomitmen Dukung Inovasi Aplikasi Berbasis eWallet


Jakarta, 24 April 2016 – Selama 2 hari 1 malam, 59 tim peserta Financial Technology Hackathon (Finhacks) 2016 #HackbyTheBeach telah berkumpul dan merealisasikan ide aplikasi pembayaran berbasis eWallet. Pada hari ini, Minggu, 24 April 2016, hasil aplikasi para semifinalis akan kembali diuji dan dinilai para dewan juri. Dewan juri memilih 8 tim dengan aplikasi terbaik untuk maju ke babak final dan mempresentasikan aplikasi yang diajukan untuk kemudian dipilih tiga ide terbaik. Dewan juri menetapkan Fariz Tadjoedin dengan aplikasi Chatbanking sebagai juara pertama, Ambisnis.com dengan aplikasi Guebayar sebagai juara kedua, dan Atom dengan aplikasi Instapay sebagai juara ketiga.

Hadir dalam puncak acara (Finhacks) 2016 #HackbyTheBeach Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Executive Vice President Strategic Information Technology BCA Hermawan Thendean, dan CEO & Founder DailySocial Rama Mamuaya. Hadir pula Founder Kaskus Andrew Darwis, Axway API Lead Axel Grosse, Managing Partner Ideosource Edward I. Chamdani, CEO and Founder of Touchten Anton Soeharyo, CEO and Founder of Setipe Razi Thalib, Head Technologist of Dailysocial Tommy Dian P., dan Senior Principal Product Manager GDP Labs Stefanie Suanita sebagai dewan juri.

“Pada hari, kita patut bersyukur dan berbangga karena rangkaian Finhacks 2016 telah sampai di puncaknya. Seluruh rangkaian acara berjalan lancar mulai dari diskusi dan pertemuan dengan komunitas IT hingga semifinal. Finhacks 2016 juga telah menemukan 3 aplikasi terbaik. Kami yakin para pemenang yang terpilih pada ajang kompetisi ini menghasilkan berbagai aplikasi terapan solusi keuangan yang akan memberikan sumbangsih pada kemajuan teknologi eWallet yang bermanfaat bagi nasabah. Inovasi para peserta ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan transaksi secara nyaman dan aman.” ujar Jahja.

Jahja menambahkan bahwa Finhacks merupakan salah satu wujud nyata perhatian besar BCA pada perkembangan dunia digital dalam industri perbankan dan keuangan sejalan perubahan teknologi yang sangat cepat. “Melalui acara ini, kami ingin merangsang ide, kreativitas, dan inovasi dari para developer atau masyarakat luas untuk menciptakan sistem pembayaran masa depan dengan cara berinteraksi dengan sistem BCA. Komitmen ini akan kami teruskan karena sejalan dengan misi perseroan yang ingin senantiasa hadir memenuhi kebutuhan nasabah di era e-commerce,” ujar Jahja.

Seperti diketahui, Finhacks adalah serangkaian acara kolaborasi BCA dengan industri dan pengembang aplikasi, mulai dari diskusi, workshop hingga hackathon yang melibatkan perbankan, media, komunitas IT, pengembang, para pakar, hingga pemain di bidang e-commerce untuk bersama-sama membangun inovasi sistem pembayaran digital di Indonesia.

Gagasan ini awalnya muncul setahun yang lalu pada saat Direktur BCA Armand W. Hartono, bertemu dengan para developer di sebuah acara komunitas TI. Pada pertemuan tersebut banyak developer mengutarakan kesulitan mereka dalam berinteraksi dengan sistem pembayaran bank. Setahun kemudian BCA mempersiapkan API (Application Programming Interface) yang dapat digunakan oleh para developer untuk berinteraksi dengan sistem BCA.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2015)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2015, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 14 juta rekening nasabah melalui 1.182 cabang, 17.081 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

Tentang Finhacks 2016
Finhacks adalah serangkaian acara kolaborasi BCA dengan industri dan pengembang aplikasi, mulai dari diskusi, workshop hingga hackathon yang melibatkan perbankan, media, komunitas IT, pengembang, para pakar, hingga pemain di bidang e-commerce untuk bersama-sama membangun inovasi sistem pembayaran digital di Indonesia. Untuk proses pengumpulan ide dan informasi lebih lanjut seputar acara ini, kunjungi halaman resmi Finhacks 2016 di https://finhacks.id.

Tentang DailySocial.id
DailySocial.id merupakan media teknologi yang berfokus pada informasi, opini dan discovery melalui artikel, video dan event. Tidak sekedar menulis berita, DailySocial.id juga terlibat erat dalam proses pembentukan ekosistem teknologi di Indonesia bersama dengan pihak swasta, pemerintah maupun akademisi. Sesuai dengan moto Teknologi untuk Semua, DailySocial.id percaya bahwa teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membuat manusia menjadi lebih baik.

separator

separator