divider

News

separator

Dukung Peningkatan Kualitas Bandara, BCA Ikut dalam Pembiayaan Sindikasi Proyek Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta


Jakarta, 20 April 2015  –  PT Bank Central Asia Tbk (BCA) secara konsisten menjalankan fungsi intermediasinya dengan ikut serta dalam pemberian kedit sindikasi untuk pembiayaan proyek pembangunan kereta api bandara Soetta. Penandatanganan kerjasama kredit sindikasi ini dilakukan oleh Direktur BCA Suwignyo Budiman, Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito, Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto dan direksi bank peserta kredit sindikasi lainnya di Jakarta (20/4).

Suwignyo menyatakan,“ Untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa transportasi udara, PT Angkasa Pura II berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana bandar udara yang dikelola, salah satunya dengan melaksanakan proyek pembangunan jalur ganda KA Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara Soetta sepanjang ±12 km yang pembangunannya akan dilaksanakan oleh PT KAI. Mengetahui hal tersebut, BCA bersama tiga bank lainnya berupaya untuk mendukung proyek ini dengan memberikan kredit sindikasi. Perjanjian kredit sindikasi ini kami harapkan bisa memaksimalkan upaya PT Angkasa Pura II dan PT KAI dalam pengerjaan proyek ini.”

Pembangunan jalur KA Bandara Soetta ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Perpres No. 83 Tahun 2011 tanggal 24 November 2011 tentang Penugasan kepada PT KAI (Persero) untuk Menyelenggarakan Prasarana dan Sarana KA Bandara Soekarno Hatta dan Jalur Lingkar Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi. Tujuan pembangunan jalur KA bandara ini antara lain untuk meningkatkan pelayanan moda transportasi KA khususnya untuk melayani angkutan penumpang dari Jakarta ke Bandara Soetta melalui Kota Tangerang, yang akan dioperasionalkan oleh PT Railink, perusahaan patungan antara PT KAI dan PT Angkasa Pura II.

Adapun penandatanganan dua Perjanjian Kredit (PK), yakni:

  • antara PT KAI dengan Bank Sindikasi senilai Rp 1.449.096.152.000 (satu triliun empat ratus empat puluh sembilan miliar sembilan puluh enam juta seratus lima puluh dua ribu rupiah) atau 84% dari total biaya proyek pembangunan prasarana.
  • antara PT Railink dengan Bank Sindikasi senilai Rp 612.000.000.000,- (enam ratus dua belas miliar rupiah) atau 85% dari total biaya pengadaan sarana KA Bandara Soetta

Perjanjian kredit ini berlaku untuk jangka waktu kredit selama 14 (empat belas) tahun sejak ditandatanginya. “Dilakukannya perjanjian kredit ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT KAI terhadap penugasan pemerintah untuk membangun KA Bandara Soetta. Dengan adanya perjanjian kredit dengan Bank Sindikasi ini, diharapkan pembangunan prasarana dan sarana KA Bandara Soetta dapat segera selesai sesuai target,” ujar Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito.

Dalam perjanjian kredit sindikasi ini, BCA memberikan kredit sebesar 25% dari nilai pinjaman. “Kami menyambut baik kerja sama pemberian kredit sindikasi ini. Kami berharap, dengan hadirnya kereta api di Bandara Soetta, masyarakat akan lebih mudah untuk mengakses bandara Soekarno Hatta, sehingga bisa mewujudkan bandara Soekarno Hatta sebagai bandara kelas dunia yang memberikan kenyamanan bagi para pengguna jasa transportasi udara, baik untuk dalam maupun luar negeri” tutup Suwignyo.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk 

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir tahun 2014, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada 13 juta rekening nasabah melalui 1.111 cabang, 16.694 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

separator

separator