divider

News

separator

BCA Selenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa


Jakarta, 5 April 2018 – PT Bank Central Asia Tbk (“Perseroan”) hari ini melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”).  RUPST telah mengambil keputusan-keputusan antara lain persetujuan atas Laporan Tahunan, Laporan Keuangan Perseroan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan. Dengan disetujuinya laporan-laporan tersebut, RUPST memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et decharge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilaksanakan sepanjang tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2017.

Dalam agenda penggunaan Laba, RUPS memberi persetujuan pembayaran dividen untuk tahun buku 2017 sebesar Rp255 per saham, meningkat 27,5% dibandingkan tahun sebelumnya, dimana jumlah tersebut sudah termasuk dividen interim sebesar Rp80,- yang telah dibayarkan oleh Perseroan pada Desember 2017. Di samping itu, RUPST telah memberikan wewenang kepada Direksi (dengan persetujuan Dewan Komisaris), jika keadaan keuangan Perseroan memungkinkan serta dengan mempertimbangkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk menetapkan dan membayar dividen interim tahun buku 2018 kepada Pemegang Saham yang akan dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lebih lanjut, Dewan Komisaris telah diberi kuasa dan wewenang oleh RUPST untuk menunjuk Akuntan Publik Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) yang akan memeriksa pembukuan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018. Dalam prosesnya, Dewan Komisaris perlu memperhatikan rekomendasi Komite Audit dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sehubungan dengan Pengurus Perseroan, RUPST memutuskan:

  • Pengangkatan Ibu Vera Eve Lim selaku Direktur Perseroan, yang berlaku efektif jika dan sejak tanggal OJK memberikan persetujuan terhadap pengangkatan tersebut.
  • Dengan demikian setelah ditutupnya RUPST, maka susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan yang menjabat adalah sebagai berikut:
Dewan Komisaris:  
Presiden Komisaris : Djohan Emir Setijoso
Komisaris : Tonny Kusnadi
Komisaris Independen : Cyrillus Harinowo
Komisaris Independen : Raden Pardede
Komisaris Independen : Sumantri Slamet
Direksi:  
Presiden Direktur : Jahja Setiaatmadja
Wakil Presiden Direktur : Eugene Keith Galbraith
Wakil Presiden Direktur : Armand Wahyudi Hartono
Direktur : Suwignyo Budiman
Direktur Kepatuhan : Subur Tan
Direktur : Henry Koenaifi
Direktur Independen : Erwan Yuris Ang
Direktur : Rudy Susanto
Direktur : Inawaty Handoyo
Direktur : Santoso
Direktur : Lianawaty Suwono
Direktur : Vera Eve Lim

 

Catatan:

  • Masa jabatan berlaku sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan yang akan diselenggarakan pada tahun 2021.
  • Pengangkatan Ibu Vera Eve Lim selaku Direktur Perseroan, berlaku efektif jika dan sejak tanggal OJK memberikan persetujuan terhadap pengangkatan tersebut.

Dengan mempertimbangkan bahwa Perseroan merupakan salah satu Bank Sistemik di Indonesia, maka guna memenuhi ketentuan POJK No. 14/POJK.03/2017, RUPST telah menyetujui Rencana Aksi (Recovery Plan) Perseroan yang telah dicatat dalam administrasi pengawasan OJK.

Pada hari yang sama, Perseroan juga menyelenggarakan Rapat Pemegang Saham Luar Biasa yang telah menyetujui perubahan beberapa ketentuan Anggaran Dasar Perseroan untuk diselaraskan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk 

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Desember 2017, BCA melayani lebih dari 17 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.235 kantor cabang, 17.658 ATM dan lebih dari 470 ribu mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet banking dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam

separator

separator