divider

News

separator

BCA Dukung Rehabilitasi Hutan Pantai Pusat Konservasi Penyu Bekerjasama dengan WWF Indonesia


Jakarta, 30 September 2014 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Bakti BCA kembali mewujudkan komitmennya untuk turut berperan serta dalam upaya pelestarian lingkungan melalui dukungan senilai Rp200 juta donasi kepada World Wide Fund (WWF) Indonesia. Donasi ini akan digunakan untuk mendukung upaya rehabilitasi hutan pusat konservasi penyu di Pangumbahan, Ujung Genteng, Sukabumi Selatan, Jawa Barat. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja secara simbolis menyerahkan donasi kepada CEO WWF Indonesia Efransjah. Turut hadir dan menyaksikan acara ini Sekretaris Perusahaan BCA Inge Setiawati, Head of CSR BCA Sapto Rachmadi, dan Direktur Marketing WWF Indonesia Devy Suradji.

“Program Bakti BCA bidang lingkungan dalam bentuk donasi senilai Rp200 juta ini dilakukan sebagai dukungan BCA terhadap perbaikan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup dan upaya rehabilitasi hutan. Kali ini ditujukan bagi rehabilitasi kawasan hutan seluas 5 hektar yang akan ditanami 2000 pohon di hutan pusat Konservasi Penyu yang terletak di Pangumbahan, Sukabumi Selatan. Kerjasama yang kami lakukan bersama dengan WWF Indonesia ini bertujuan untuk mendukung meningkatkan kondisi habitat satwa dalam hal ini habitat Penyu. Kami berharap agar lewat upaya penanaman kembali kawasan hutan yang terdegradasi maka habitat ini menjadi ideal bagi penyu untuk bertelur sehingga dapat dilestarikan dan bahkan terus bertambah jumlahnya” kata Jahja.

Rehabilitasi hutan lewat penanaman pohon diyakini juga akan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca Indonesia. Sejak tahun 2010 Indonesia sendiri telah melakukan gerakan “Penanaman Satu Milyar Pohon” yang mengajak keterlibatan seluruh komponen bangsa untuk turut aktif dalam rehabilitasi hutan dan lahan kritis serta antisipasi dampak perubahan iklim global. BCA sendiri lewat kerjasama dengan WWF telah beberapa kali melakukan upaya penanaman pohon sebagai bagian dari upaya rehabilitasi lingkungan. Tahun 2013, BCA melakukan penanaman 2400 batang pohon untuk mendukung perbaikan di daerah sub das Ciliwung Hulu.

Sebelumnya di tahun 2012 BCA telah melakukan penanaman 2.750 bibit pohon pala di daerah penyangga (buffer zone) Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten. Pada tahun 2011, BCA juga merealisasikan komitmennya dalam mendukung inisiatif penghijauan dengan menyumbangkan 2.000 pohon untuk Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. “BCA melalui program Bakti BCA memberikan perhatian besar terhadap lingkungan dan kami berupaya untuk senantiasa turut aktif berkontribusi terhadap perbaikan kondisi lingkungan hidup melalui kegiatan tanggung jawab sosial masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan, salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan pada hari ini” jelas Jahja. “Pelestarian lingkungan membutuhkan peran serta aktif seluruh pemangku kepentingan di Indonesia, karenanya kami menghimbau kepada berbagai pihak untuk turut memberikan dukungan kepada upaya-upaya pelestarian lingkungan agar nantinya anak cucu kita tetap dapat melihat indah dan kayanya alam Indonesia.” tutup Jahja.

Perhatian BCA lewat Bakti BCA bidang lingkungan telah diwujudkan dalam berbagai implementasi diantaranya :

  1. Green Building Menara BCA, Menara BCA menjadi salah satu gedung pertama di Indonesia yang meraih sertifikat Greenship EB Platinum, karena mampu menghemat konsumsi energi listrik sebesar 35% atau setara penurunan emisi gas karbon dioksida (CO2) sebesar 6.360 ton per tahun.
  2. Partisipasi dalam Earth Hour
  3. Dukungan aktif terhadap program NEWtrees, bersama WWF Indonesia.
  4. Dukungan pelepasliaran orangutan yang dilakukan oleh The Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).
  5. Dukungan program pelepasan penyu di Bali.
  6. Donasi di Gunung Kidul berupa pembuatan kolam tadah hujan, sebagai sarana penampungan dan persediaan air untuk irigasi pertanian dan kebutuhan air rumah tangga di musim kemarau.

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2014)

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2014, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada hampir 13 juta rekening nasabah melalui 1.062 cabang, 14.528 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

separator

separator